Kenali Psoriasis, Penyakit Kulit Kronis Bisa Menyerang Siapa Saja

Psoriasis adalah penyakit kulit kronis yang ditandai dengan peradangan yang disebabkan oleh disfungsi sistem kekebalan. Seperti apa gejala, penyebab, dan cara menangani penyakit psoriasis?

kenali psoriasis penyakit kulit kronis

Kenali Psoriasis, Penyakit Kulit Kronis Bisa Menyerang Siapa Saja

Ini adalah rangkuman artikel versi Mobile. Buatlah sekitar 1-2 kalimat untuk rangkuman artikel untuk membimbing pembaca mengerti isi artikel.

Apakah kamu sering mengalami gatal-gatal di kulit yang menyebabkan munculnya ruam, kulit kemerahan, hingga mengelupas? Kalau iya, lebih baik segera periksa ke dokter karena kemungkinan kamu terkena penyakit psoriasis. Psoriasis itu apa, sih?

Psoriasis adalah penyakit kulit kronis yang ditandai dengan peradangan yang disebabkan oleh disfungsi sistem kekebalan, sehingga memunculkan ruam dengan bercak, sisik, dan membuat penderitanya merasakan gatal pada kulit. Ini terjadi karena sistem kekebalan tubuh yang terlalu aktif mempercepat pertumbuhan sel kulit. Sel-sel kulit normal umumnya tumbuh dan rontok dalam sebulan. Akan tetapi, pada penderita psoriasis, sel-sel kulit bisa berganti hanya dalam tiga atau empat hari.

Tak jarang orang mengalami psoriasis kulit kepala yang membuat bagian kulit kepala terasa gatal sampai membuat tidak nyaman. Meskipun psoriasis kerap muncul di kulit kepala, peradangan ini berbeda dengan ketombe, lho.

Perbedaannya ialah ketombe menyebabkan keluarnya potongan kecil kulit kering yang terkelupas dari kulit kepala, sedangkan psoriasis menyebabkan rasa gatal yang parah dan kulit kepala dapat menjadi sangat kering hingga pecah dan berdarah. Maka dari itu, psoriasis bisa menjadi penyakit serius jika tak segera ditangani.

Karena psoriasis cukup sering dialami banyak orang, penyakit ini sampai memiliki hari peringatan sendiri yang jatuh setiap 29 Oktober dengan nama World Psoriasis Day atau Hari Psoriasis Sedunia. Lalu, seperti apa gejala, penyebab, dan cara menangani penyakit psoriasis?

Gejala Penyakit Psoriasis

Psoriasis bisa menyerang siapa saja pada usia berapa pun. Beberapa gejala umum psoriasis yang mungkin muncul, yaitu:

  1. Muncul ruam yang berbentuk bintik-bintik bersisik di kulit seperti ketombe, hingga ruam besar di sebagian besar bagian tubuh.
  2. Muncul ruam dengan warna cenderung ungu dengan sisik abu-abu pada orang berkulit kecoklatan atau hitam dan merah muda dengan sisik perak orang berkulit putih.
  3. Bintik bersisik kecil yang biasanya terlihat pada kulit anak-anak.
  4. Kulit kering dan pecah-pecah yang bisa menyebabkan kulit mengelupas dan berdarah.
  5. Ada ruam yang menimbulkan rasa gatal, terbakar, perih, dan nyeri selama beberapa minggu hingga beberapa bulan dan kemudian tiba-tiba mereda.
  6.  

Jenis-jenis Penyakit Psoriasis

1. Plaque psoriasis

Psoriasis yang juga dikenal dengan psoriasis vulgaris ini merupakan jenis yang paling umum terjadi. Menurut data The American Academy of Dermatology (AAD), sekitar 80% penderita psoriasis mengidap jenis ini. Gejalanya memunculkan bercak kulit kering, gatal, hingga membuat kulit terangkat (plak) dan ditutupi dengan sisik. Biasanya, plaque psoriasis muncul di siku, lutut, dan punggung bawah.

2. Scalp psoriasis

Psoriasis kulit kepala merupakan peradangan yang muncul di kulit kepala. Karena bentuknya yang mirip dengan ketombe, tak jarang sebagian orang menganggap psoriasis kulit kepala seperti ketombe. Selain menimbulkan gatal yang luar biasa, psoriasis kulit kepala juga bisa menyebabkan rambut rontok akibat garukan yang memicu iritasi pada kulit kepala.

3. Nail psoriasis

Psoriasis kuku adalah jenis yang dapat memengaruhi kuku tangan dan kaki. Kondisi ini menyebabkan pertumbuhan kuku yang tidak normal dan juga perubahan warna pada kuku. Kuku psoriasis mungkin mengendur dan terpisah dari dasar kuku hingga copot (onikolisis). Pada nail psoriasis yang sudah parah, kondisi ini dapat menyebabkan kuku menjadi hancur.

4. Guttate psoriasis

Psoriasis gutata adalah jenis yang biasanya menyerang dewasa muda dan anak-anak. Kondisi ini dipicu infeksi bakteri seperti radang tenggorokan yang ditandai munculnya bintik-bintik kecil berbentuk tetesan air berukuran kecil, bersisik di batang tubuh, lengan, dan kaki.

5. Inverse psoriasis

Psoriasis inversa adalah jenis psoriasis yang memengaruhi lipatan kulit selangkangan, bokong dan payudara. Kondisi ini menyebabkan munculnya bercak halus pada kulit yang meradang dan semakin memburuk ketika bercak tersebut terkena gesekan dan keringat. Salah satu penyebab psoriasis jenis ini yaitu karena infeksi jamur.

6. Pustular psoriasis

Psoriasis pustular merupakan jenis psoriasis yang termasuk jarang. Gejalanya ditandai dengan munculnya pustula, yaitu benjolan kecil pada tubuh yang berisi nanah. Penyakit psoriasis jenis ini dapat muncul pada area kecil di telapak tangan atau telapak kaki.

7. Erythrodermic psoriasis

Jenis psoriasis eritroderma merupakan jenis yang paling tidak umum dan dapat menutupi seluruh tubuh dengan ruam yang mengelupas. Ruam tersebut bisa terasa sangat gatal hingga membuat penderitanya merasa seperti kulitnya terbakar. Psoriasis jenis ini bisa berumur pendek (akut) atau jangka panjang (kronis).

Penyebab Penyakit Psoriasis

Salah satu penyebab penyakit psoriasis adalah masalah pada sistem kekebalan tubuh. Salah satu jenis sel utama yang digunakan sistem kekebalan disebut sel T. Sel T biasanya melakukan perjalanan melalui tubuh untuk mendeteksi dan melawan kuman yang menyerang, seperti bakteri.

Namun, pada penderita psoriasis, sel T justru menyerang sel kulit yang sehat secara tak sengaja sehingga menyebabkan lapisan kulit terdalam memproduksi sel kulit baru lebih cepat dari biasanya, dan memicu sistem kekebalan tubuh memproduksi lebih banyak sel T. Alhasil, pertumbuhan sel kulit menjadi lebih cepat dari yang seharusnya.

Di samping karena adanya masalah pada sistem kekebalan tubuh, psoriasis juga bisa muncul karena adanya faktor genetik. Penelitian telah menunjukkan bahwa banyak gen yang berbeda terkait dengan perkembangan psoriasis, dan kemungkinan kombinasi gen yang berbeda dapat membuat orang lebih rentan terhadap kondisi tersebut.

Selain itu, beberapa penyebab lain yang bisa memicu penyakit psoriasis yang menjadi pantangan penderita psoriasis, yaitu:

  1. Cedera pada kulit seperti terpotong, tergores, digigit serangga, atau terbakar sinar matahari.
  2. Merokok dan minum alkohol dalam jumlah yang berlebihan.
  3. Perubahan hormonal, terutama pada wanita yang umumnya terjadi selama masa pubertas dan menopause.
  4. Terlalu banyak mengonsumsi obat-obatan tertentu, seperti lithium, beberapa obat antimalaria, obat antiinflamasi termasuk ibuprofen, dan ACE inhibitor (untuk mengobati tekanan darah tinggi).
  5. Gangguan kekebalan lainnya (seperti HIV, yang menyebabkan psoriasis muncul untuk pertama kalinya).

Cara Menangani Psoriasis

Apakah psoriasis bisa sembuh total? Sebenarnya, perawatan yang dilakukan bertujuan untuk menghentikan sel-sel kulit tumbuh begitu cepat dan menghilangkan sisik kasar yang muncul di kulit. Beberapa pilihan treatment yang tersedia bisa menggunakan krim dan salep (terapi topikal), terapi cahaya (fototerapi), dan obat-obatan oral atau injeksi.

Berkonsultasi ke dokter bisa menjadi cara terbaik yang bisa kamu lakukan karena konsultasi dengan tenaga profesional sangat membantu untuk menemukan perawatan yang paling tepat dalam menangani penyakit psoriasis.

Terlebih lagi dengan berkonsultasi ke dokter bisa memberikan rasa aman karena kamu akan diberikan penanganan serta obat langsung dari ahlinya. Namun terkadang, biaya yang dibutuhkan untuk berobat ke dokter tidak terduga, terutama untuk biaya rawat inap. Maka dari itu, untuk meminimalisir adanya biaya rawat inap yang tinggi dan tidak terduga, kamu bisa memberikan proteksi dini kepada diri sendiri dan keluarga dengan menggunakan asuransi. Asuransi merupakan salah satu bentuk cinta nyata untuk keluarga, maka dari itu kami tidak menyebutnya asuransi, tapi kami menyebutnya cinta. Ya, Insurance is Love.

Maka dari itu, penting untuk kita menjaga keluarga agar memiliki kehidupan yang aman, nyaman, serta bahagia.

Untuk menemani kamu dan keluarga untuk terus bahagia, Astra Life menghadirkan produk asuransi jiwa dan kesehatan. Seperti Flexi HS (Hospital and Surgical) dari Astra Life dapat jadi pilihan yang cocok untuk kamu. Flexi HS (Hospital and Surgical) dari Astra Life memberikan manfaat berupa fasilitas rawat inap sebanyak Rp2 juta per hari yang bisa diklaim tanpa perlu cek medis, memberikan fasilitas medical check up tiap 2 tahun sekali, hingga klaim asuransi lebih mudah dan praktis karena bisa dilakukan 100% secara online.

Tak hanya itu, Flexi HS juga memberikan perlindungan menyeluruh mulai dari rawat inap hingga pasca rawat inap, sehingga bisa memberikan rasa aman untuk kamu dan juga orang-orang terdekat. Kemudahan lainnya kamu bisa mencari tahu informasi lengkap mengenai asuransi Astra ini dengan mengunjungi website ilovelife.co.id, ya!

Artikel Lainnya

Tentang –

Kami menghadirkan cerita dan kisah hidup yang inspiratif serta tips terbaik untuk menyadarkan kita agar terus mencintai hidup.

Terus Dapatkan Inspirasi, Subscribe Sekarang!

Tentang –

Kami menghadirkan cerita dan kisah hidup yang inspiratif serta tips terbaik untuk menyadarkan kita agar terus mencintai hidup.

Terus Dapatkan Inspirasi, Subscribe Sekarang!