Suka Minum Kopi? Kenali 9 Bahaya Minum Kopi Berlebihan

Bahaya Meminum Kopi

Kopi kini sudah menjadi gaya hidup di kalangan masyarakat. Minum kopi sebetulnya bermanfaat bagi kesehatan. Tapi, kalau Anda berlebih minum kopi, juga ada efek sampingnya. Maka, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu apa saja kandungan yang terdapat dalam secangkir kopi yang bisa mendatangkan manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Baru setelah itu, kenali takaran yang pas minum kopi agar tidak sakit dan bikin kantong jebol.

Baca juga: Bukan Sakit Perut Biasa, Kenali 5 Ciri Radang Usus Berikut Ini

Kandungan dan khasiat dalam secangkir kopi

Kafein merupakan salah satu senyawa dalam kopi yang juga terkandung di dalam biji, daun, dan juga buah tanaman lain. Kopi menjadi salah satu jenis tanaman dengan kandungan kafein yang sudah sangat sering dikonsumsi manusia selain teh. Kafein sendiri diklasifikasikan ke dalam drug dan terbukti aman untuk dikonsumsi dalam dosis tertentu. Akan tetapi jika dikonsumsi berlebihan, maka kafein bisa menyebabkan ketergantungan dan dalam kondisi menahun juga bisa menyebabkan beberapa penyakit seperti gangguan tidur dan kanker.

Kopi banyak digunakan dalam dunia kedokteran sebagai bahan untuk membuat obat flu. Kopi memiliki antioksidan yang sangat berguna untuk menangkal radikal bebas. Meski kadar antioksidan dalam biji kopi ini memang tidak setinggi tanaman obat lain, namun kopi sudah menjadi sumber antioksidan yang sangat banyak dikonsumsi masyarakat seluruh dunia. Kopi juga sangat berguna untuk melindungi gigi. Meski peminum kopi umumnya memiliki warna gigi agak hitam karena zat tersebut, namun senyawa ini akan melindungi gigi sehingga tidak mudah berlubang.

Takaran pas untuk minum kopi

Sebaiknya Anda mengkonsumsi kopi tidak berlebihan setiap harinya. Ini karena konsumsi kopi berlebih justru sangat tidak baik buat kesehatan dan memungkinkan mempengaruhi kenyamanan serta kesehatan pikiran, khususnya untuk sel-sel yang ada di otak.

Namun, kopi dalam jumlah yang tepat akan membantu manusia lebih sehat dan bahagia serta terhindar dari stres hingga depresi. Normalnya, setiap orang hanya boleh konsumsi kopi sebanyak satu sampai dua cangkir saja. Dengan catatan, kopi yang diminum adalah kopi murni dengan sedikit campuran gula atau campuran lainnya.

Jenis-jenis kopi yang baik bagi kesehatan

Secara umum, ada beberapa jenis kopi yang sering dikonsumsi oleh banyak orang. Berikut masing-masing manfaat dan kandungan yang terdapat di dalamnya:

Espresso

Kandungan kafein dalam espresso mencapai 80mg sampai 100mg. Jumlah tersebut lebih tinggi dibanding kafein pada kopi lainnya. Untuk mendapatkan rasa yang lebih kuat dari kopi, espresso tidak dicampur susu. Menurut ahli diet dari London’s St George Hospital, Catherine Collins, espresso bagus dikonsumsi oleh orang-orang yang ingin menurunkan badan dan diet karena rendah kalori, tapi harus hati-hati dengan jumlah kolesterol jahat atau low-density lipoprotein (LDL) yang terdapat di dalamnya.

Cappuccino

Terbuat dari espresso yang dicampurkan dengan uap susu dan susu skim.. Kopi ini menyediakan sumber yang baik untuk protein dan kalsium yang dibutuhkan oleh tulang.

Latte

Terbuat dari espresso, namun lebih banyak menggunakan kandungan susu. Komposisi dalam latte yakni 10gr protein dari susu dan 5gr lemak yang hampir setara dengan satu bungkus mentega. Latte yang dicampurkan dengan susu murni sangat baik untuk asupan protein.

Penyakit yang bisa timbul karena kebanyakan minum kopi

Selanjutnya, ada baiknya untuk Anda mengetahui bahaya atau dampak yang ditimbulkan karena mengonsumsi kopi terlalu berlebihan.

1) Insomnia

Salah satu alasan kenapa orang suka minum kopi adalah agar tetap terjaga dan tidak mudah mengantuk. Tetapi karena hal ini justru akan membuat seseorang menjadi insomnia yang akan berdampak buruk bagi kesehatan.

Baca juga: Ingin Konsumsi Suplemen Makanan? Pertimbangkan Dulu Hal Penting Ini

2) Darah tinggi

Menurut hasil studi dari Charalambos Vlachopoulos, associate professor of cardiology di Athens Medical School menyebutkan bahwa, kafein secara cepat meningkatkan kekakuan terhadap arteri besar pada orang dengan tekanan darah tinggi.

3) Gangguan pencernaan

Orang yang mempunyai kebiasaan mengkonsumsi minuman yang berkafein memang akan lebih sering mengeluhkan perutnya sakit. Apalagi jika hal ini Anda lakukan saat keadaan perut masih keadaan kosong.

4) Menurunkan kesuburan

Untuk wanita yang sudah menjadikan kopi sebagai minuman spesial, ada beberapa hal yang harus diketahui. Mengonsumsi kafein yang berlebihan dapat mempengaruhi kondisi alat reproduksi wanita. Hal ini juga akan menyebabkan penyakit pada bagian organ dalam tubuh wanita yaitu tuba falopi dan endometrium, sehingga menyebabkan ketidaksuburan pada wanita. Ini akan membuat wanita susah mendapatkan keturunan.

5) Kolesterol tinggi

Dengan minum kopi terlalu banyak dapat meningkatkan kolesterol jahat. Hal ini adalah akibat dari minyak yang disebut terpene yang biasa ada dalam kopi. Hasil penelitian menunjukkan, mengkonsumsi lima cangkir kopi setiap hari dapat berpotensi tinggi naiknya kadar kolesterol darah sebesar 6%-8%.

6) Gangguan jantung

Dampak selanjutnya yang ditimbulkan terlalu banyak minum kopi adalah gangguan pada jantung. Biasanya gejala pertama yang ditimbulkan adalah jantung akan terasa berdebar-debar apabila terlalu banyak minum kopi. Hal ini karena kafein dapat mempengaruhi susunan saraf pusat pada otak.

7) Sakit kepala

Efek lain yang dapat ditimbulkan karena terlalu banyak minum kopi adalah sakit kepala. Hal ini dapat terjadi apabila seseorang mengonsumsi kopi lebih dari dua sampai tiga cangkir kopi dalam sehari.

8) Diabetes 

Terlalu banyak mengonsumsi kopi atau kafein dapat memicu naiknya gula darah dan juga tingkat insulin. Dalam satu gelas kopi mengandung 100mg kafein yang cukup memberikan dampak buruk terhadap gula darah dalam tubuh. Sehingga hal ini berpotensi terjadinya penyakit diabetes tipe 2.

9) Kematian dini

Jika dalam sehari seseorang mengonsumsi kopi lebih dari empat gelas, maka hal ini dapat berisiko tinggi terhadap kematian dini. Sebuah studi yang dilakukan oleh Mayo Clinic mendapati temuan bahwa pria yang kebiasaan minum lebih dari empat cangkir kopi mengalami peningkatan 21% dalam penyebab kematian.

Anda yang mempunyai kebiasaan minum kopi dua sampai tiga cangkir kopi dalam sehari, mulai sekarang harus menguranginya. Ada baiknya mempertimbangkan dosis asupan kafein, yang dianjurkan yaitu 200mg-300mg per hari.

Baca juga: 7 Tips Hindari Penyakit Jantung

Kopi memang bagai pedang bermata dua. Di satu sisi baik untuk kesehatan, namun di sisi lain bisa menimbulkan penyakit jika konsumsi berlebih. Selama Anda tahu manfaat dan pencegahannya, minum kopi tentu dapat menjadi kesenangan yang bisa bikin tubuh makin fit.

Yuk, bijak dalam mengkonsumsi kopi agar kita dapat mencegah efek samping negatif dan penyakit. Untuk perlindungan yang optimal terhadap kesehatan, Anda juga dapat menimbang-nimbang asuransi jiwa AVA iBright Protector yang dilengkapi dengan asuransi kesehatan. Asuransi ini akan memberikan manfaat berupa penggantian biaya perawatan atau yang santunan harian apabila Anda dirawat di rumah sakit dengan sistem cashless maupun reimbursement. Selain itu AVA iBright Protector dilengkapi juga dengan manfaat terminal illness, cacat total dan tetap, hingga santunan tutup usia.

Jadi, lebih baik mencegah daripada mengobati bukan? Saatnya melindungi diri sejak dini sambil menyiapkan masa depan yang lebih baik!




« | »
Read previous post:
olahraga lari
Gemar Olahraga Lari Maraton? Kenali Dulu 4 Risiko Kesehatan Ini

World Health Organization (WHO) merilis setiap orang minimal membutuhkan waktu 150 menit dalam sepekan untuk berolahraga. Namun, ternyata banyak orang...

Close