Pada masa pandemi seperti ini, bijak dan teliti mengelola keuangan menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan. Baik itu bagi karyawan, maupun juga bagi pengusaha.
Bagi perusahaan, kondisi yang tak menentu ini membuat mereka sedikit banyak mengalami penurunan omzet. Hal ini membuat beberapa dari mereka terpaksa harus melakukan hal-hal yang tak mereka inginkan. Seperti misalnya, melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) kepada karyawan. Atau bahkan, dalam skenario terburuknya, harus gulung tikar dan mengakhiri perjalanan bisnisnya.
Setali tiga uang dengan perusahaan, jika karyawan tak pandai dalam mengelola keuangan di masa pandemi, mereka juga berpotensi kehilangan kestabilan finansialnya lho. Tentu ini adalah sebuah hal yang tidak kita inginkan, betul? Maka dari itu, sebagai pribadi, kita juga perlu berpikir ulang tentang bagaimana kita mengelola keuangan.
Pertanyaannya, apa saja kah cara yang karyawan dan perusahaan perlu lakukan untuk mengelola keuangannya di masa pandemi? Simak ulasan lengkapnya dalam artikel ini.