Tips Perencanaan Keuangan Mudik Lebaran 2023

Buat kamu yang sudah merencanakan mudik lebaran, kamu perlu mempersiapkan beberapa hal mulai dari persiapan cuti, lamanya waktu mudik, hingga ke perencanaan keuangan supaya kondisi finansial lebih teratur saat mudik.

perencanaan keuangan mudik lebaran

Momen libur lebaran merupakan momen yang paling ditunggu-tunggu banyak orang. Pasalnya, momen tersebut berhubungan erat dengan mudik lebaran. Tradisi mudik yang sudah berjalan sejak zaman dulu pun masih terus kental dan menjadi momen keluarga untuk saling berkumpul bersama merayakan Hari Lebaran. Untuk itu, kamu perlu melakukan perencanaan keuangan agar mudik berjalan hemat dan aman.

Salah satu hal yang menarik dari mudik adalah kehadiran tradisi ini yang ternyata sudah eksis sejak zaman Majapahit (tahun 1200-an) dan Mataram Islam (tahun 1500-an). Saat itu, namanya belum dikenal sebagai mudik, melainkan aktivitas “pulang” ke rumah yang dilakukan oleh pejabat kerajaan yang ditempatkan di berbagai wilayah kekuasaan, bukan kerajaan pusat.

Momen ini kemudian digunakan oleh para pejabat tersebut untuk kembali pulang ke kerajaan pusat dan bertemu dengan keluarganya. Baru setelah itu, sekitar tahun 1950-an, istilah mudik mulai dikenal untuk para perantau, atau orang yang bekerja dan tinggal di luar kampung halamannya. Istilah mudik sendiri memiliki arti yang berbeda, lho.

Melansir Kompas, istilah mudik dalam bahasa Jawa pada awalnya merupakan akronim dari mulih dhisik yang artinya pulang dulu. Sedangkan menurut bahasa Betawi, mudik diartikan sebagai pulang ke udik, di mana udik merupakan sebutan untuk kampung. Jadi, mudik adalah pulang ke kampung.

Nah, buat kamu yang sudah merencanakan mudik lebaran, kamu perlu mempersiapkan beberapa hal mulai dari persiapan cuti, lamanya waktu mudik, hingga ke perencanaan keuangan supaya kondisi finansial lebih teratur saat mudik.

Berikut 5 tips perencanaan keuangan untuk mudik lebaran yang hemat!

5 Tips Perencanaan Keuangan untuk Mudik Lebaran

1. Buat rencana mudik yang jelas dari jauh-jauh hari

Agar rencana mudik bisa berjalan dengan lancar, usahakan untuk membuatnya dari jauh-jauh hari. Kamu bisa mulai dengan mengikuti rencana mudik tahun lalu untuk kemudian menyesuaikan beberapa persiapan mudik untuk tahun ini. Rencana ini tak hanya dari waktu dan lamanya mudik saja, tetapi juga pengeluaran selama mudik.

Selain itu, penting untuk kamu mulai menentukan akomodasi yang ingin digunakan selama mudik. Apalagi mengingat tiket pesawat maupun kereta pasti sudah banyak dipesan jauh-jauh hari untuk menghindari harga yang semakin mahal hingga kehabisan tiket! Jadi, pesanlah tiket akomodasi jauh-jauh hari supaya lebih aman, ya.

2. Sisihkan uang di rekening atau tabungan khusus

Ketika rencana sudah dibuat, kamu bisa mulai mengisi check list tersebut salah satunya dengan mempersiapkan bagian keuangan mudik. Pasalnya, pengeluaran mudik bisa membengkak jika tidak dialokasikan dengan baik sesuai dengan kebutuhan kamu dan keluarga. Maka dari itu, kamu perlu memiliki rekening atau tabungan khusus yang memang sengaja dipersiapkan untuk keperluan mudik.

Perencanaan akan semakin mudah dilakukan ketika kamu sudah mempersiapkan akomodasi yang ingin digunakan. Baik menggunakan pesawat, kereta, bus, atau dengan kendaraan pribadi. Untuk tips mudik dengan mobil pribadi, usahakan mempersiapkan uang untuk bahan bakar dan kemungkinan yang terjadi di tengah perjalanan seperti ban bocor dan lainnya.

Menyisihkan uang di rekening atau tabungan pribadi juga akan membantu kondisi finansial kamu semakin tertata dengan rapi. Jadi, tabungan mudik tak akan bercampur dengan tabungan atau uang pengeluaran lain sehingga kamu bisa secure dana mudik dengan lebih aman.

3. Tetapkan anggaran agar tidak over budget

Selain mempersiapkan rekening atau tabungan khusus, kamu perlu menetapkan anggaran sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan. Hal ini penting dilakukan agar pengeluaran yang kamu habiskan selama mudik tidak over budget dan sesuai dengan target yang sudah dipersiapkan sebelumnya.

Mudik memang momen satu kali dalam setahun, namun, menghabiskan uang yang berlebihan saat mudik pun bisa mengganggu kondisi finansial ke depannya. Anggaran mudik tentu akan berbeda bagi kamu yang masih single maupun sudah menikah. Supaya anggaran lebih tertata lagi, kamu bisa coba mengalokasikannya menggunakan aplikasi perencanaan keuangan pribadi.

4. Manfaatkan THR sebaik-baiknya

Salah satu hal yang paling istimewa ketika momen lebaran yaitu hadirnya tunjangan hari raya atau biasa disebut THR. Uang THR pun berbeda-beda setiap orang, tergantung dengan gaji dari masing-masing individu. Namun, jika dapat dimanfaatkan dengan baik, THR justru dapat sangat membantu dana untuk mudik kamu dan keluarga, mengingat banyak barang dan kebutuhan yang mungkin akan mengalami kenaikan harga saat bulan Ramadan dan mendekati Hari Raya.

5. Gunakan asuransi

Perencanaan keuangan untuk mudik yang lainnya yaitu dengan asuransi. Pasalnya, sebagai salah satu elemen dalam perencanaan keuangan, asuransi diharapkan bisa mendukung tujuan keuangan (financial goals) yang telah ditetapkan sebelumnya serta memitigasi berbagai risiko yang mungkin atau berpotensi terjadi di masa depan. Selain itu, ada asuransi yang menawarkan perlindungan saat mudik lebaran hingga perlindungan jiwa untuk mudik lebih aman dan nyaman untuk kamu dan keluarga.

#LengkapiKebaikan di Bulan Ramadan dengan Flexi Life Syariah dari Astra Life Syariah

Flexi Life Syariah adalah produk Asuransi Syariah Online dari Astra Life yang menganut prinsip syariah Islam. Menurut Widyaningsih, Head of Syariah Business Astra Life, asuransi dengan prinsip syariah lebih dari sekadar perlindungan atas risiko untuk para peserta ataupun pemegang polis. 

Pasalnya, akad tolong menolong di antara para peserta atau pemegang polis secara tidak langsung merupakan perwujudan dari berbagi kebaikan yang sangat dianjurkan dalam ajaran agama. Berbagi kebaikan, saling menolong, bahkan memberi manfaat bagi sesama juga merupakan bentuk sikap sebagai insan yang bermanfaat bagi manusia yang lain.

Flexi Life Syariah hadir dengan santunan tutup usia hingga Rp2 miliar dan juga manfaat 200% santunan tutup usia karena risiko kecelakaan dengan pendaftaran tanpa cek medis terlebih dahulu. Mulai dari Rp20 ribuan/bulan kamu sudah bisa miliki Flexi Life Syariah secara online. Setelah polis aktif, kamu sudah langsung terlindung.

Wujudkan ibadah dan hidup yang lebih tentram dengan manfaat asuransi jiwa Flexi Life Syariah untuk keluarga dengan aksi #LengkapiKebaikan di bulan suci.

Kunjungi ilovelife.co.id untuk cek sendiri kontribusi asuransi kamu ya!

Artikel Lainnya

Tentang –

Kami menghadirkan cerita dan kisah hidup yang inspiratif serta tips terbaik untuk menyadarkan kita agar terus mencintai hidup.

Terus Dapatkan Inspirasi, Subscribe Sekarang!

Tentang –

Kami menghadirkan cerita dan kisah hidup yang inspiratif serta tips terbaik untuk menyadarkan kita agar terus mencintai hidup.

Terus Dapatkan Inspirasi, Subscribe Sekarang!