5 Cara Bijak Atur Keuangan Sebelum Anda Pergi Liburan

Financial Wise Liburan Akhir Tahun.001

Ketika sebagian besar orang sibuk menghabiskan liburan akhir tahun ke banyak tempat, baik di dalam maupun luar negeri, Mutiara Nurul (28), salah satu rekan yang hobi traveling, justru tidak berani meninggalkan rumahnya di Jakarta. Dalam hatinya terasa bimbang mengikuti jejak teman-temannya, yang mengambil cuti lalu berlibur bersama teman atau keluarganya masing-masing.

“Saya kayanya enggak liburan dulu. Di rumah saja karena mau nabung buat rencana tahun depan,” kata Mutiara, yang sehari-hari bekerja di salah satu perusahaan swasta di Jakarta.

Baca juga: 4 Destinasi Liburan Buat Anda yang Mencari Ketenangan Diri

Kegalauan Mutiara bukan tanpa alasan. Ia mengaku memang menyukai berlibur bersama rekan-rekannya. Namun, aktivitas tersebut tidak dilakukan setiap saat karena beberapa alasan, yang satu di antaranya adalah mempertimbangkan prioritas rencana keuangan.

Ibaratnya, mau senang-senang silakan, tapi jangan sampai menghancurkan rencana keuangan buat masa depan. Lantas, bagaimana sebaiknya cara terbaik agar kita tetap bijak dalam mengelola keuangan, namun tetap ingin liburan/ jalan-jalan? Berikut ini adalah tips yang bisa Anda lakukan:

1. Persiapkan anggaran dan batas pengeluaran

Liburan adalah hak bagi setiap orang. Namun, agar liburan tersebut tidak mengganggu cash flow, sebaiknya Anda mempersiapkan dana jauh-jauh hari sebelum waktu keberangkatan. Bisa mulai tiga atau empat bulan sebelumnya.

Usahakan agar tidak mengeluarkan uang lebih dari batas pengeluaran yang dipersiapkan. Selain itu, hindari penggunaan kartu kredit saat sedang berlibur, karena hal itu justru berpotensi merusak rencana keuangan jika tidak diakomodasi dengan tepat.

2. Pilihan destinasi

Jika budget yang Anda persiapkan tidak besar, liburan ke destinasi populer yang tidak terlalu jauh dari kediaman Anda bisa menjadi pilihan. Mulai dari mendatangi coffee shop yang Instagram-able, atau berkunjung ke museum seni.

Baca juga: Staycation di Hotel, Cara Seru Liburan Singkat di Akhir Pekan

3. Penginapan terjangkau

Bagaimana jika Anda ingin liburan ke luar kota? Jika demikian, tentu tentu salah satu hal utama yang Anda pikirkan adalah tempat menginap. Jangan buru-buru mencari hotel berbintang dengan berbagai fasilitas mewah, namun sesuaikan dengan budget yang Anda tentukan.

Masih banyak kok penginapan yang murah, tapi menyediakan berbagai fasilitas seperti penginapan mewah. Anda bisa mencari melalui layanan online penyedia penginapan murah.

4. Transportasi

Pilihan menggunakan transportasi juga menjadi hal krusial jika Anda ingin tetap bijak mengatur keuangan saat liburan. Biasanya, wisata keliling kota menjadi agenda selama Anda berkunjung ke salah satu destinasi liburan.

Agar biaya akomodasi murah, sebaiknya hindari berpergian menggunakan taksi karena tarifnya biasanya cukup mahal. Anda bisa menggunakan transportasi umum, seperti bus atau kereta dalam kota. Jika Anda hanya bersama pasangan atau teman, Anda juga bisa menggunakan penyewaan motor untuk menekan anggaran.

5. Hindari belanja berlebihan

Salah satu “godaan” terbesar jika Anda sedang liburan biasanya saat berkunjung ke pusat perbelanjaan, apalagi jika sedang ada diskon akhir tahun, misalnya. Selain untuk konsumsi pribadi, terkadang kita juga sering belanja oleh-oleh.

Kalau begini, tentu niat kuat harus persiapkan. Usahakan lebih menahan diri membeli barang yang tidak masuk ke dalam check list anggaran yang Anda persiapkan sebelum berangkat liburan. Jika semua biaya terkendali, tidak akan ada beban akibat over budget setelah Anda pulang nanti.

Baca juga: Manfaat Liburan Bagi Kehidupan Rumah Tangga

Bagaimana, ternyata tidak sulit bukan mengatur keuangan, meski Anda tetap ingin merencanakan liburan akhir tahun? Nah, agar rencana tersebut dapat maksimal, Anda juga bisa menggunakan Siap RencanaKu dari Astra Life, yang tidak hanya memberikan perlindungan diri, tapi juga perlindungan untuk keuangan Anda.

Siap RencanaKu memberikan perlindungan jiwa dan manfaat tahapan tunai setiap tiga tahun, sehingga cocok bagi Anda yang ingin menyiapkan rencana keuangan jangka panjang, termasuk jika Anda yang gemar berlibur. #AyoLoveLife dan tetap nikmati liburan akhir tahun Anda dengan perlindungan keuangan yang tepat.




« | »
Read previous post:
Kado Love Life Hari Ibu
Cerita Inspiratif 4 Ibu yang Terus Berjuang Tanpa Henti demi Keluarga

Jarum jam masih menunjukkan pukul 05.00 pagi. Namun, di sebuah rumah di kawasan Limo, Meruyung, Depok, Jawa Barat, Ode Siti...

Close