Tips dan Trik Cermat Belanja dengan Siasat Diskon

35375733_L

Memasuki tahun Monyet Api pada 8 Februari kemarin, sejumlah mal dan pusat ritel serta pertokoan menyambutnya dengan aneka diskon Imlek. Lebaran bangsa Tionghoa ini hanya salah satu ajang yang dimanfaatkan pusat-pusat perbelanjaan untuk menggelar perang diskon.

Khusus untuk warga Jakarta dan turis yang ingin merasakan kemeriahan pesta diskon besar menjelang ulang tahun kota ini, biasanya sekitar Juni-Juni ada Great Sale yang diikuti oleh hampir semua toko dan mall di Jakarta. Kemeriahan ini berlangsung sebulan, lho!

Nah, bagi Anda yang gemar berburu produk barang dan jasa secara online, pada Desember 2016 mendatang akan ada pesta belanja online nasional yang disebut Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) yang hanya diselenggarakan beberapa hari di setiap bulan Desember.

Tapi awas, keasyikan memburu barang diskon bisa membuat Anda kalap dan berbelanja over budget. Sebaiknya, Anda tetap cermat agar kantong Anda aman. Berikut tips cermat belanja diskon, baik melalui toko offline ataupun toko online.

1. Cermat Belanja di Mal

Jelang akhir tahun, biasanya mal-mal di kota-kota besar di Indonesia menawarkan aneka diskon fenomenal untuk mendongkrak penjualannya. Mulai dari ajang cuci gudang sampai obral besar. Tidak jarang jika masyarakat tergoda menggunakan ajang ini untuk berburu barang berkualitas dengan harga miring. Nah, bagi Anda penggila belanja, sebaiknya ikuti tips di bawah ini:

a. Bayarlah dengan uang tunai
Membayar dengan cara ini lebih baik ketimbang membayar dengan kartu kredit. Anda bisa mengetahui anggaran yang ada di dompet sehingga dapat menahan nafsu Anda untuk terus berbelanja. Tapi jika Anda harus membayar dengan kartu kredit, sebaiknya cari mall atau toko yang memberikan tambahan diskon karena bekerja sama dengan bank tertentu. Dengan demikian, Anda masih bisa berbelanja hemat walaupun menggunakan kartu kredit.

b. Prioritaskan kebutuhan
Sebaiknya buat daftar kebutuhan yang paling mendesak untuk dibeli, daripada Anda menghabiskan uang untuk pernik barang yang belum tentu berguna.

c. Jangan beli aneka kebutuhan dalam satu waktu
Jika niat Anda ke mall hanya untuk berbelanja sepatu baru, maka patuhilah hal tersebut. Jangan mencampurnya dengan berbelanja bulanan, misalnya. Terlalu banyak kebutuhan yang harus dibeli dalam satu waktu akan mengacaukan fokus belanja Anda dan malah akan berakibat Anda membeli barang yang tidak diperlukan.

d. Ingat tagihan dan angsuran
Kendalikan nafsu belanja dengan mengingat aneka tagihan bulanan yang harus dibayar, misal pembayaran aneka angsuran kredit, pembayaran premi asuransi, biaya anak sekolah dan sebagainya.

e. Belanja dengan partner yang tepat
Hindari berbelanja sendiri, karena Anda akan lebih rentan terhadap sebuan diskon. Partner belanja dapat berfungsi sebagai pengingat, terutama ketika Anda belanja berlebihan. Namun pastikan Anda membawa partner yang tepat, yakni yang dapat mengendalikan nafsu belanja Anda.

 

2. Cermat Belanja Online

Tidak mau kalah dengan toko offline yang menggelar diskon besar, toko online di Indonesia juga memiliki strategi tersendiri untuk memanjakan konsumen. Lihat saja, saat ini beberapa toko online seperti Zalora dan Mataharimall.com sudah menggelar pesta diskon online 2016.

Kadang-kadang Anda bisa mendapatkan barang yang Anda incar dengan lebih murah melalui online shopping. Sebab online shop bisa memberikan promo seperti gratis ongkos kirim. Anda juga tidak perlu berdesakan dengan pembeli lain, tinggal duduk manis di depan laptop atau smartphone.

Terilhami dari perayaan belanja online bernama Cyber Monday di beberapa negara seperti Amerika Serikat, Kanada, Inggris, Jerman dan Jepang. Di Indonesia, kini para pegiat toko online juga banyak menyelenggarakan acara diskon, misal Festival Belanja Online (FBO) serta Hari Belanja Online Nasional yang biasa diadakan pada 12 Desember.

Nah, bagi Anda yang suka berbelanja secara online, jangan sampai kalap membelanjakan uang Anda. Bisa-bisa, tagihan kartu kredit Anda bisa jebol. Apa saja yang perlu dilakukan?

a. Perbanyak browsing
Ingat, ada banyak penjual online baik asing ataupun lokal yang menawarkan aneka barang dan diskon. Jika bingung ingin membeli apa, sebaiknya Anda melakukan riset terlebih dahulu dengan menelusuri kategori produk yang diinginkan.

Pada fase ini carilah toko online yang tepat. Biasanya toko online yang aman memiliki customer care yang bisa dihubungi kapan saja. Baca dulu aneka persyaratannya agar Anda tidak merasa ditipu. Serta, periksa sertifikasi keamanan pembayarannya.

b. Tentukan produk
Tentukan produk yang diinginkan lalu cari perbandingan diskon, harga serta biaya kirim (jika ada). Dalam satu toko online, bisa jadi ada ribuan item produk yang Anda cari dengan berbagai harga. Ingat, teliti sebelum membeli daripada Anda rugi.

c. Buat akun pembelanjaan
Tujuannya, agar mudah memasuki toko online yang dituju, terutama untuk kepentingan order dan proses pengiriman. Data ini termasuk alamat email, alamat lengkap untuk pengiriman, nomor ponsel yang dapat dihubungi hingga data kartu kredit jika berencana belanja dengan fasilitas kartu kredit.

d. Pakai wishlist
Taruh aneka barang yang diincar ke wishlist. Dengan demikian, Anda bisa hemat waktu pencarian barang. Terkadang jika Anda menunda membeli barang di wishlist, toko online tersebut akan memberi diskon khusus untuk isi wishlist Anda, truestory!

e. Gunakan kartu diskon
Penggunaan kartu diskon juga bisa berguna, tetapi biasanya kartu diskon diberikan jika Anda sudah membelanjakan dulu sejumlah tertentu. Selain itu, manfaatkan juga kerja sama diskon antara merchant dengan pengelola sistem pembayaran khusus yang banyak berkembang. Misal, sistem pembayaran melalui handphone yang dikembangkan pihak tertentu, seperti operator ataupun bank.

Selamat berburu diskon!




« | »
Read previous post:
29036456_L
Trik Agar Usaha Anda Dilirik Angel Investor

Beberapa tahun belakangan ini, bisnis startup semakin menjamur di Indonesia, khususnya di Ibukota. Sudah banyak pula para pendiri startup yang...

Close